Sejarah Singkat KPSBU Lembang

Lembang terletak di dataran tinggi yang berjarak sekitar 20 km sebelah utara Kota Bandung – Jawa Barat, Indonesia , dengan ketinggian lebih kurang 1.200 meter di atas permukaan laut. Seperti daerah pengunungan lainnya di Indonesia, Lembang menjadi daerah pertanian hortikultura yang potensial, produksi pertaniannya meliputi tanaman sayur seperti tomat, kentang, cabe, kubis, blumkol, sawi, dll. Pada zaman kolonial Belanda, Lembang telah dikenal sampai mancanegara, mengingat panoramanya yang indah dilengkapi dengan situs bersejarah peninggalan masa kolonial Belanda.

lembang-old

Dengan banyaknya perusahaan besar sapi perah semenjak masa kolonial sampai masa kemerdekaan, Lembang sudah dikenal sebagai sentra sapi perah, sangat mudah bagi masyarakat untuk mendapat bibit sapi perah di Lembang, dengan cara membeli ke perusahaan atau membeli ke peternak rakyat.

Dipelopori oleh Mayjen R. Soebiantoro dengan istrinya Afwani Soebiantoro yang mengajak beberapa perusahaan sapi perah rakyat yang sudah ada dan para peternak sapi perah mendirikan koperasi susu di Lembang yang diberi nama Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang. Terkumpulah 68 orang peternak yang hadir rapat pertama pembentukan KPSBU. Untuk menguatkan keberadaannya, KPSBU Lembang mendapat izin beroperasi dengan badan hukum tertanggal 8 Agustus 1971 dari Direktorat Djenderal Koperasi Provinsi Djawa Barat, Jl. Asia Afrika N0. 102 Bandung No. 4891/B.H/DK-10/20 yang kemudian, tanggal tersebut diperingati sebagai hari lahirnya KPSBU.

Keanggotaan

Saat ini KPSBU Lembang sudah memiliki lebih dari 4000 anggota aktif yang tersebar di wilayah kerja KPSBU. Anggota KPSBU Lembang adalah peternak yang minimal memiliki 1 ekor sapi yang berada di wilayah kerja KPSBU Lembang dan melengkapi syarat administrasi sebagai anggota di KPSBU Lembang.

Wilayah Kerja

KPSBU Lembang memilki wilayah kerja di Provinsi Jawa Barat. Saat ini, peternak anggota KPSBU Lembang tersebar di Kabupaten Bandung Barat (Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah) dan Kabupaten Subang (Ciater dan sekitarnya).

Bisnis Utama

Bisnis utama KPSBU Lembang adalah Produksi Susu. KPSBU Lembang menampung susu yang dihasilkan sapi para peternak anggota KPSBU lembang (rata-rata 140.000 liter/hari). Setelah dilakukan pengecekan di lab KPSBU, susu kemudian didinginkan di Cooling Unit yang selanjutnya dikirimkan ke Industri Pengolahan Susu (IPS) dan sebagian diolah menjadi produk olahan susu Freshtime KPSBU.
Gulir ke Atas